Senin, 01 Agustus 2011

TIPS MENDESAIN BANNER PARPOL/ ORMAS

Akhir-akhir ini kita banyak melihat spanduk ucapan selamat berpuasa di sudut-sudut kota yang dibuat oleh para politisi maupun organisasi sosial kemasyarakatan. Sayangnya, banyak spanduk printing yang bertebaran di muka bumi Kalbar ini belum memenuhi standar komunikasi.


Terkait dengan itu saya ingin berbagi tentang cara praktis dalam mendesain media komunikasi outdoor, khususnya spanduk bagi politisi dan organisasi kemasyarakatan.

 Apa yang harus diperhatikan dalam mendesain spanduk printing?
1. Ukuran. Ukuran spanduk itu standarnya 6 x 1 meter. Ukuran ini dibuat karena semua tiang tempat pemasangan spanduk memiliki panjang bentang hanya 6 meter. Sehingga jika kita membuat spanduk lebih pendek dari ukuran itu, pemasangan spanduk terkesan tidak rapi dan bahkan tenggelam dengan spanduk-spanduk lainnya. Namun jika lokasi pemasangan memiliki luas pandangan yang kecil, spanduk ukuran yang lebih kecil justru akan lebih manis dilihat.
2. Background. Pemilihan bacground ini sangat penting, karena mempengaruhi citra dan sampainya pesan kepada khalayak. Saran saya pilih warna background yang menyerupai dengan logo partai atau  logo organisasi Anda. Supaya spanduknya punya identitas yang konsisten. Jangan gunakan background yang berbeda dengan identitas partai politik atau organisasi Anda. Selain warna  backgroun biasanya banyak disigner yang memasang motif. Yang harus diperhatikan dalam pemasangan motif ini adalah jangan sampai ia tampak lebih menonjol daripada tulisanya, buatlah warna yang menyatu dengan background agar enak dipandang.
3. Memilih Kata dan kalimat. Media spanduk memiliki tempat yang sangat terbatas. Oleh karena itu jangan menjejali spanduk dengan informasi-informasi yang tidak perlu. Sampaikan yang paling penting saja. Kalau yang dirancang sebuah spanduk event sampaikan Nama kegiatan, waktu dan tempat, penyelenggara serta tempat pendaftaran saja. Kalimat utama dibuat dengan font yang lebih menonjol dari informasi yang lain untuk memudahkan khalayak membaca.
4. Font. Jenis  font itu ada ribuan. Carilah font yang mudah dibaca dengan huruf yang tegas dan jelas. Usahkan warna font kontras dengan backgroundnya. Jika backgroundnya dominan hijau, lebih baik piilih warna font putih atau kuning muda karena akan lebih jelas terlihat. Dalam satu spanduk jangan pula terlalu banyak menggunakan jensi font, cukup dua atau tiga jenis saja. Dan jadikan font yang ANda pilih tersebut sebagai identitas Parpol atau organisasi Anda.
5. Image. Spanduk yang terlalu banyak imagenya akan menyulitkan khalyak untuk menangkap pesan. Pilihlah satu atau dua image yang paling penting dan letakan menyatu pada pesan utama yang ingin disampaikan. Image yang baik adalah imgage yang tidak pecah, tajam, serta kontekstual dengan pesan yang ingin disampaikan. Jika Anda ingin memasang foto pribadi carilah foto yang kontekstual dengan pesan yang disampiakan, pakah harus tampil religius, sporty, casual, atau resmi. Jika terdapat logo, pemasangan foto bisa disatukan dengan foto atau dipisah agak jauh agar tidak memecah konsentrasi khalayak.
6. Layout. Spanduk yang baik adalah spanduk yang ketika dilihat dalam beberapa detik, khalayak langsung mendapatkan informasi inti dari spanduk yang dilihatnya. Oleh karennya layout sangat penting. Harus diatur dimana tempat meletakan pesan utama dan kata-kata yang informatif. Lalu dimana meletakan image, logo, serta keterangan penting lainnya.
7. Produksi. Pilihlah tempat produksi yang sesuai dengan budget anda. ada beberapa vendor yang memasang harga sedikit lebih mahal namun dengan kualitas warna dan hasil printing yang lebih baik. Jangan sampai asal murah tapi hasil sapnduk Anda berwarna redup, luntur serta cepat rusak. 

Gitu saja tipsnya. Mudah-mudahan berguna bagi Anda yang sering bergelut dengan persoalan-persoalan komunikasi seperti ini. Kalau mau melihat-lihat hasil desain spanduk karya saye, silekan berkunjung di fan page saya.

2 komentar:

Irawan Kusuma mengatakan...

keren.... ternyata, bikin media komunikasi buat pilkada ngak asal jadi ya gan, mesti pake unsur-unsur, teknis dan tatacara juga ya, untuk hasil maksimal dan pas di media.
dari contoh disain yg ada ok banget tuh. dan ane setuju dengan konsep-konsep desain media pilkada.
ane percaya disain yang tepat akan melahirkan image dan brand yang positif dan familiar buat penikmat media-nya.
yang kayak gini nih yang bakalan membuat pesta kampanye akan terlihat lebih indah rapi dan lebih terarah.
semoga bagi para calon2 pilkada, pilcaleg, pilbut pilwako dan pil-pil lainnya bisa memahami dan bisa jadi klien ya... hahahahaha....
sukses ya agan.

Qais mengatakan...

Keren disain borneonya pak...
Boleh bergabung...saya ingin gabung jg di PIN 51ad2614.