Kamis, 19 Juni 2014

Merancang Brand Produk: Tagline

Seringkali para pengusaha memjnta ada tagline pada saat kita merancang brand produk. Bagaimana meletakannya pada kemasan produk?  Sebelum kita bahas, ada baiknya kita samakan persepsi kita tentang tagline.

Tagline adalah slogan yang berfungsi jntuk menjelaskan produk baik menjelaskan keunggulamnya atau menjelaskan perbedaannya dengan produk kompetitor. Tagline sebaiknya tak lebih dari empat kata. Makin sedikit makin bagus, makin unik paduan katanya makin bagus pula. Seorang designer yang baik harus memahami pula tata cara membuat slogan. Jika kita kesulitan dalam merumuskan slogan, tanyakan keunggulan produk tersebut kepd klien kita dan minta pula ia menjelaskan perbedaan produk yang ia produksi dibandingkan produk kompetitor. 

Nah dengan demikian kita bisa membuat tema sebagai batasan informasi. Misalnya kita diminta merancang kemasan sebuah obat herbal dengan temanya obat herbal yang berkhasiat, tak mengandung bahan kimia, manjur dan ranoa efek samping. Tagline nya dapat saja seperti ini: pasti manjur, manjur jur. Andalan keluarga, sehat berkhasiat, dsb.

Saat meletakan tagline jangan sampai tahline itu mengganggu tampakan brand. Brand produk harus tetap menonjol dan tagline tetap harus harus dapat dilihat setelah brand. Brand dan tagline adalah satu kesatuan. Perhatian penempatan brand dan tagljne pada kemasan produk-produk  berikut ini: 

 
tagline produk pada kemasan

Coba bandingkan dengan tagline perusahaan (coorporate sebagai berikut, lakukan analisis dan temukan kharakter tagline dan penempatannya:

tagline perusahaan
Nah tips desain grafis nya jika brand dan bidang telah dibuat, cobalah membuat dummies kemasannya. Lakukan pengamatan dan setelah itu ajukan pada klien anda, berikan penjelasan apa perbedaannya dengan produk kompetitor.

Uji coba juga menempatkan logo serta tagline pada media komunikasi terkecil. Jika tagline tak terbaca, mjnimal logo produk harus dapat dibaca dengan jelas.

Dalam mendesain brand produk dan kemasan, warna adalah salah satu hnsur yang teramat penting. Smber inspirasi pewarnaan bisa kita dapatkan dari beberapa hal seperti warna jenis makanan, sasaran pasar dari produk yang kita buat apakah hntuk anak-anak, remaja, dewasa atau paruh baya, untuk konsumen yang berjiwa sporty, profesional, petani atau nelayan. Sumber inspirasi pewarnaan dapat pula datang dari produk kompetitor atau produk produk sejenis yang ada diluar negeri.

Tidak ada komentar: