Kamis, 19 Juni 2014

Tips Mendesain Brand IV: Efektivitas proses

Seringkali kita bingung pada saat mendesain sebuah brand. kadang belum selesai menetapkan bentuk, fokus kita beralih kepada tata letak, belum lagi tata letak genah, kitapun asyik klak-klik warna. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang mungkin dapat berguna dalam proses mendesain brand. ikuti tips desain grafis berikut ini:
  1. Abaikan pewarnaan, fokus ke bentuk. Saat kita mendesain logo perusahaan seringkali kita sibuk menggonta-ganti warna logo yang sedang kita buat. Padahal tahap yang paljng penting dalam mendesain logo adalah mendesain bentuk. Oleh karena itu sebaiknya pada saat mendesain, fokus dulu pada bentuk. Setelah bentuk jadi dan di acc oleh client barulah memberikan warna.
  2. Jangan lupa kode warna dan jenis font. Ketika desain logo sudah diacc, catat betul kode warna dalam komposisi cmyk maupun rgb.kode warna ini penting untuk membuat warna logo menjadi warna yang baku. Demikian pula dengan jenis font. Seringkali kali kita lupa mencatat jenis font. Celakanya saat mendesain logo tersebut fontnya sudah diotak-atik proporsinya dan sudah diconvert menjadi image vektor, dan ketika kita membuat ulang logo teraebut kitapun kesulitan mencari font yang serupa. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah besar, karena selama masih ada desain vektor, maka misi pembuatan logo akan selamat. Kita hanya perlu waktu sedikit lebih banyak untuk memperbaikinya.
  3. Pengajuan bertahap. Saat mengajukan alternatif logo kepada klien lakukanlah secara bertahap. Pertama memberikan alternatif penyebutan nama, setelah diacc, buatkan bentuknya dalam beberapa bentuk, jika telah diacc, beri warna dan ajukan beberapa alrernatif pewarnaan. Setelah ada satu tang terpilih barulah kita perbaiki satu logo itu dengan mengakomodir saran dari client. 
  4. Dan terakhir cobalah logo yang telah disepakati dengan menempatkannya dalam berbagai media kecil seperti letterhead, amplop, namecard, atau gimmick. Setelah oke, sajikan makna filosifisnya.
 Demikian tips desain grafisnya kali ini.

Tidak ada komentar: