Kamis, 19 Juni 2014

Tips Mendesain Brand II

Brand biasanya diperlukan sebagai identitas organisasi/ perusahaan. Selain sebagai identitas perusahaan, brand juga digunakan untuk memberikan identitas sebuah produk.

Oleh karena itu agar tidak membingungkan, kita bagi saja jenis brand menjadi dua, yaitu brand untuk perusahaan dan brand untuk produk.

Apa perbedaan keduanya dan bagaimana tips mendesain Brand untuk kedua jenis brand tersebut?
Brand perusahaan

Brand perusahaan company brand berbeda dengan brand produk. Brand perusahaan biasanya mengandumg idealisme sang pendiri perusahaan.  Kalau mau dipresentasekan sebuah brand perusahaan mengandung 80% nilai filosofis dan 20% nilai-nilai yang diorientasikan bagi publik atau pasar. Brand Garuda Indonesia yang berbentuk symbol burung Garuda berbentuk kepala dan sayap burung garuda misalnya mengandung nilai filosofis keindonesiaan yang membanggakan. Warna biru dan hijaunya mengesankan profesionalitas dan ketangguhan diudara. Hal ini mempertegas nama perusahaan itu, PT. Garuda Indonesia (Persero).

logo Bamk BNI dan Logo Garuda, Eyecatching dan berisi!

Demikian juga brand perusahaan Bank BNI yang terdiri dari angka dan huruf. Angkanya dibentuk seperti kotak sedangkan hrufu BNI dibuat tegas dengan besar yang sama dengan hangka 46. berbentuk kotak 46 berbentuk kotak dan huruf BNI. Brand BNI ini lebih banyak mencerminkan nilai filosofis sebagai perusahaan perbankan yang tangguh karena telah berdiri demikian lama serta profesional dalam pelayanan. Kalau kita perhatikan nama perusahaan banyak yang berbeda dengan nama brand. Nama perusahaan Garuda adalah PT. Garuda Indonesia (persero) Tbk. Brand name bakunya adalah Garuda Indonesia, tanpa PT, tanpa perseor, tanpa Tbk. Bentuk brandnya memadukan antara symbol kepala garuda bersayap dengan huruf ‘Garuda Indonesia’ yang ditulis dengan font yang khas.   Sedangkan nama perusahaan Bank BNI adalah PT. Bank Negara Indonesia Tbk. Namun nama brandnya adalah BNI tanpa "bank" sedangkan brandnya berbentuk paduan antara 46 dan huruf BNI dengan font khusus.

oleh karena itu sebelum kita membuat brand perusahaan pertanyaan yang harus kita jawab dulu adalah, nama lengkap perusahaan dan nama sebutan perusahaan.

Misalnya nama Perusahaan PT. Prima jaya utama. Apakah akan disebut PJU, PRIJU atau Prima Jaya. Atau tetap dipanggil nama lengkapnya saja. Lalu apakah kita ingin membuat logo berbentuk huruf, gambar, atau kombinasi keduanya. Hal ini harus ditentukan terlebih dahulu sebelum kita memulai membuat logo perusahaan. Hal-hal yang juga perlu diketahui adalah sejarah berdirinya perusahaan, misi inti perusahaan, visi, nilai-nilai yang dianut perushaan atau para pendiri, produk yang dihasilkan serta sasaran pasar yang ingin dijangkau oleh perusahaan. Selain itu kita juga perlu mengamati dan menganalisis perusahaan competitor untuk membuat differensiasi yang jelas.

Seluruh informasi itu adalah informasi dasar yang menjadi sumber inspirasi untuk mendesain sebuah logo.

Tidak ada komentar: